1.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA
Secara
bahasa, multimedia terdiri dari dua suku kata,
yaitu multi dan media. Multi berati banyak atau
bermacam-macam, sedangkan media berarti alat atau sesuatu yang
digunakan untuk menyampaikan informasi (pesan).
JENIS
– JENIS MULTIMEDIA:
- Multimedia
Interaktif
Pengguna/
user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia
akan ditampilkan atau dikirimkan.
Contoh:
Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality, dll.
- Multimedia
Hiperaktif
Multimedia
jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat Contoh: world wide web, web site, mobile
banking, Game on line, dll.
- Multimedia
Linear / Squential
Multimedia
Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa
dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia
Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara
media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan
sebagainya.
- Multimedia
presentasi pembelajaran
Multimedia
presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran
dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan.
Contohnya
Microsoft Power Point.
- Multimedia
pembelajaran mandiri
Multimedia
pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh
siswa secara mandiri tanpa bantuan guru.
Contohnya
Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
- Multimedia
kits
Multimedia
kits adalah kumpulan pengajaran bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari
satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal, yang termasuk
diantaranya yaitu: CD-ROM, SLIDE, KASET AUDIO.
- Hypermedia
Dokumen
berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer.
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
- Media
Interaktif
Sistem
ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan
bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak
hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan
aktif.
- Virtual
Realitas
Adalah
media yang dapat disulasiakn tempat di dunia nyata. Keunggulan: untuk digunakan
menggambarkan berbagaqi jenis aplikasi umumnya terkait dengan mendalam,sangat
visual,3D lingkungan.
APLIKASI
MULTIMEDIA
Jenis
aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja
sampai dengan membuat dan mengeditnya.
1.
Media Player : Winamp, WinDVD
2.
Audio/Video Edtor: Adobe Premiere Pro, Adobe Premiere
Elements
3.
Graphis/Image Viewer: Microsoft Picture Manager,
Microsoft Picture and Fax Viewer
4.
Graphic/Image Editor: Adobe Photoshop, Corel Draw
5. Animasi: Macromedia Flash, Houdini Animation Software
6. Graphic 3D: 3D Studio Max,
Silo 3D Modelling
BIDANG
– BIDANG APLIKASI MULTIMEDIA
q
Aplikasi
dalam Bidang Produksi
Penggunaan
aplikasi ini digunakan untuk merancang dan merakayasa suatu produk misalnya
alat-alat elektronik dan mesin
q
Aplikasi
dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Bidang
pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan
keuangan
q
Aplikasi
dalam Bidang Sistem Informasi
Aplikasi dalam bidang ini misalnya aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA), aplikasi Sistem
Informasi Manajemen (SIM)
q
Aplikasi
dalam Bidang Pemasaran
Penerapan multimedia dalam bidang ini tertuju kepada aktivitas pemasaran, khususnya aktivitas
promosi yang meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan
q
Aplikasi
Multimedia di Bidang Travel
Aplikasi
berbasis Web digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk
informasi biaya perjalanan, travel
q
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Real Estate
Multimedia
komputer memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya.
q
Aplikasi
dalam Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan,multimedia dapatmendukung pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan
q
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Hiburan
Dalam
bidang hiburan multimedia digunakan dalam film, musik, radio interaktif,
televisi interaktif, game elektronik.
q
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Publishing
Banyak informasi yang dapat dipublikasikan secara elektronik melalui dokumentasi elektronik
q
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi
multimedia pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pengajaran,
memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau siswa
q
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Pemerintahan
Aplikasi
multimedia yang paling menonjol dalam bidang kepemerintahan adalah
E-Government, Profil Departemen dan Kios Informasi tentang Kota.
2. PRODUKSI
KONTEN MULTIMEDIA
JENIS‐JENIS KONTEN MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa
media (tex, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) yang berbeda
untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia.
Dalam kategori ini medianya adalah :
a. Teks
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan
untuk menjelaskan bahasa lisan
Teks(Lanjut)
Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah
kata atau halaman.
Jenis‐jenis Teks
1. Plain Text (Unformatted Text)
– Teks adalah data dalam bentuk
karakter.
– Teks dalam hal ini adalah kode
ASCII (American Standard Code for
Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni.
2. Formatted Text (Rich Text
Format)
• Serangkaian karakter format yang
telah didefinisikan.
3. Hypertext
• Hypertext adalah teks yang
memiliki fasilitas linking.
-HTML : Hypertext Markup Language Merupakan
standard bahasa yang digunakan untuk
menampilkan document web
-XML : eXtensible Markup Language Simple,
karena XML tidak serumit HTML, strukturnya jelas, dan sederhana
b. Grafik/Gambar
Grafik adalah suatu medium berbasis
visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik
Grafik bisa saja menyajikan
kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic
c. Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah
segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.
Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.
d. Video
Video adalah teknologi untuk
menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar
bergerak.
e. Special Effect
Special Effect di dalam motion
picture, merupakan teknik kamera yang membuat ilusi pada pikiran
f. Animasi
Animasi adalah “illusion of motion”
yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan
g. Interaktivitas
Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas
adalah rancangan dibalik suatu program multimedia.
JENIS‐JENIS SUMBER DAYA PRODUKSI KONTEN
MULTIMEDIA
Hardware pada
Multimedia:
1.
Scanner
2. CD‐ROM Driver
3. Drive berarti penggerak
4. Video Board
5.
Sound
Card
Perangkat Lunak Multimedia
Adalah komponen‐komponen dalam data
processing system, berupa program‐program untuk mengontrol bekerjanya sistem
computer multimedia.
• Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman multimedia
adalah Bahasa. Bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi
multimedia
• Perangkat Lunak Sistem (System
Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari
Sistem operasi(Operating System)
• Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia
merupakan aplikasi‐aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk
pengguna yang beroperasi dalam bidang‐bidang multimedia
• Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak
digunakan misalnya Microsoft Word.
Sumber Daya Manusia Multimedia
•
Programmer
Multimedia yaitu orang yang mengintegrasikan elemen bentuk keseluruhan
yang harus menggunakan sebuah sistem authoring/bahasa
pemrograman.
•
Multimedia
Interaktif yaitu pengguna akhir atau user dapat mengontrol apa dan dalam hal
apa urutan elemen multimedia dikirimkan.
4. Representasi Dan Kompresi Data Teks
Kompresi Data
• Mengkompress
• Menyingkat
• Memperkecil
kebutuhan penyimpanan data
Jenis Kompresi Data
Berdasarkan Mode Penerimaan Data oleh Manusia
• Dialoque
Mode: yaitu proses penerimaan data dimana pengirim dan penerima seakan
berdialog (real time), seperti pada contoh video conference.
• Retrieval Mode: yaitu proses
penerimaan data tidak dilakukan secara real time
Kompresi Data Berdasarkan
Output
• Lossy Compression
• Loseless
Klasifikasi Teknik Kompresi
1. Entropy
Encoding
Bersifat
loseless
Tekniknya
tidak berdasarkan media dengan spesifikasi dan karakteristik tertentu namun
berdasarkan urutan data.
2. Source
Coding
Bersifat
lossy
Berkaitan
dengan data semantik (arti data) dan media.
3. Hybrid
Coding
Gabungan
antara lossy + loseless mis: JPEG, MPEG, H.261, DVI.
5. Representasi Dan Kompresi Data Suara
Pengertian Representasi Data
• Representasi data dan data compression berfungsi untuk mengurangi jumlah
ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan sejumlah data.
• Representasi data audio adalah
Reproduksi suara dari sinyal digital yang telah dirubah dari asalnya yaitu
sinyal analog
Ada 3 macam
jenis audio digital, yaitu:
1.
Uncompressed audio format, merupakan format audio tanpa kompresi sama sekali
contoh: *.WAV dan *.AIFF
2. Lossless compression format, merupakan format audio dengan teknik kompresi yang cukup, sehingga besar file dapat ditekan namun dengan penurunan sedikit kualitas audio pula. Contoh: *.FLAC
2. Lossless compression format, merupakan format audio dengan teknik kompresi yang cukup, sehingga besar file dapat ditekan namun dengan penurunan sedikit kualitas audio pula. Contoh: *.FLAC
3. Lossly
compression format, adalah format auido dengan teknik kompresi yang cukup kuat yang akan menekan
besar file hingga ukuran yang cukup kecil
Contoh:
*.MP3,WMA & AAC
Contoh:
*.MP3,WMA & AAC
Contoh
format audio:
A. Format
CD
Ekstensi : .cda
B. Format Advanced Audio Coding (AAC)
Ekstensi : .m4a, .m4b, .m4p, .m4v, .m4r, .3gp, .mp4, .aac
Ekstensi : .cda
B. Format Advanced Audio Coding (AAC)
Ekstensi : .m4a, .m4b, .m4p, .m4v, .m4r, .3gp, .mp4, .aac
C. Format
Waveform Audio (WAV)
Ekstensi : .wav atau .wv
WAV merupakan format file audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM sebagai standar untuk menyimpan file audio pada PC
Ekstensi : .wav atau .wv
WAV merupakan format file audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM sebagai standar untuk menyimpan file audio pada PC
D. Format Audio Interchange File Format (AIFF)
Ekstensi : .aiff, .aif, .aifc
File AIFF merupakan format file audio standar yang digunakan untuk menyimpan data suara untuk PC dan perangkat audio elektronik lainnya
E. Format
Monkey’s Audio
Ekstensi : .ape, .apl
Merupakan format file audio dengan kompresi lossless sehingga tidak mengurangi kualitas suara.
F. Format MPEG Audio Layer 3 (MP3)
Ekstensi : .mp3
Prinsip yang dipergunakan oleh MP3 adalah mengurangi jumlah bit yang diperlukan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia
Ekstensi : .ape, .apl
Merupakan format file audio dengan kompresi lossless sehingga tidak mengurangi kualitas suara.
F. Format MPEG Audio Layer 3 (MP3)
Ekstensi : .mp3
Prinsip yang dipergunakan oleh MP3 adalah mengurangi jumlah bit yang diperlukan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia
G. Format
MIDI
Ekstensi : .mid
Merupakan standar yang dibuat oleh perusahaan alat-alat music elektronik berupa serangkaian spesifikasi agar berbagai instrument dapat berkomunikasi.
Interface MIDI terdiri dari 2 komponen yaitu :
Perangkat keras, merupakan hardware yang terhubung dengan peralatan (keyboar/computer)
Data format yang mengandung pengkodean informasi (spesifikasi instrument, awal/akhir nada, frekuensi dan volume suara).
Ekstensi : .mid
Merupakan standar yang dibuat oleh perusahaan alat-alat music elektronik berupa serangkaian spesifikasi agar berbagai instrument dapat berkomunikasi.
Interface MIDI terdiri dari 2 komponen yaitu :
Perangkat keras, merupakan hardware yang terhubung dengan peralatan (keyboar/computer)
Data format yang mengandung pengkodean informasi (spesifikasi instrument, awal/akhir nada, frekuensi dan volume suara).
6.
Representasi dan Kompresi data citra statis
KOMPRESI
DATA CITRA STATIS (STILL IMAGE)
kompresi
citra adalah aplikasi kompresi data yang dilakukan terhadap citra digital
dengan tujuan untuk mengurangi redundansi dari data-data yang terdapat dalam
citra sehingga dapat disimpan atau ditransmisikan secara efisien.
JENIS-JENIS FORMAT CITRA STATIS
•
JPEG (.jpg)
• GIF
(.gif)
• PNG (.png)
•
BMP
(.bmp)
Macam2
Kompresi Citra Statis:
• Kompresi
tipe lossless
adalah kompresi yang tidak menghilangkan informasi setelah kompresi terjadi,akibatnya
kualitas citra hasil kompresi tidak menurun.
• Kompresi
tipe lossy
adalah kompresi dimana terdapat datayang hilang selama proses kompresi,akibatnya
kualitas data yang dihasilkan jauh lebih rendah daripada kualitas data asli .
Beberapa teknik loseless:
Color reduction
untuk warna-warna tertentu yang mayoritas dimanainformasi
warna disimpan dalam color palette.
Chroma subsampling
teknik yang memanfaatkan fakta bahwa mata manusiamerasa
brightness (luminance) lebih berpengaruh daripada warna (chrominance) itu sendiri
fractal compression: adalah suatu
metode lossy untuk mengkompresicitra dengan menggunakan kurva fractal.
HAL-HAL PENTING DALAM KOMPRESI CITRA
1.Quality progressive: dimana image dikompres secara
perlahan-lahan dengan penurunan
kualitasnya
2.Resolution progressive: dimana image dikompresi dengan
mengenkode resolusi image
yang lebih rendah terlebih dahulu baru kemudian ke
resolusi yang lebih tinggi.
3. Component progressive: dimana image dikompresi
berdasarkan komponennya,
pertama mengenkode komponen gray baru kemudian komponen
warnanya.
PENGUKURAN ERROR KOMPRESI CITRA
mse (mean square error), yaitu sigma
dari jumlah error antara citra hasil kompresi dan citra asli.
Peak Signal to Noise Ratio (PSNR), yaitu untuk menghitung
peak error.
PSNR = 20 * log10
(255 / sqrt(MSE))
Kompresi Gif
kompresi
gif menggunakan teknik lzw (lempel ziv welch): gambar gif yang berpola
horizontal dan memiliki perubahan warna yang sedikit, serta tidak bernoise akan
menghasilkan hasil kompresan yang baik. lzw kurang baik digunakan dalam bilevel
(hitam-putih) dan true color.
7. REPRESENTASI DAN KOMPRESI
DATA CITRA BERGERAK
Kompresi Video
Video memiliki 3 dimensi:
• 2 dimensi spatial (horisontal dan vertikal),
• 1 dimensi waktu.
–
Di dalam video terdapat 2 hal yang dapat
dikompresi yaitu frame (still image) dan audionya.
–
Data
video memiliki:
–
redundancy
spatial (warna dalam still image)
–
redundancy
temporal (perubahan antar frame)
Penghilangan redundancy
spatial (spatial /
intraframe compression) dilakukan dengan mengambil keuntungan dari fakta bahwa
mata manusia tidak terlalu dapat membedakan warna
Penghilangan redundancy temporal
(temporal / interframe compression) dilakukan
dengan mengirimkan dan mengenkode frame yang berubah saja sedangkan data yang
sama masih disimpan.
Tujuan
dari pemampatan / kompresi video
–
Minimisasi
bit rate dalam penyajian digital sinyal video
–
Memelihara
tingkat kualitas sinyal yang dikehendaki
Macam-Macam Format Video
Asf, avi, mpeg, ogm
Software
Kompresi Video
Squeeze 5 Pro ,
3D-DCT, Total Video Converter,
Blaze Media Pro
8.
Representasi dan kompresi data citra bergerak (lanjutan)
ANIMASI
Animasi adalah gambar begerak terbentuk dari sekumpulan
objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang
telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar
tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.
Jenis – jenis animasi
2D3D
Software yang digunakan untuk membuat animasi
2 Dimensi 3 Dimensi
Adobe
Flash AnimPixels
Macromedia
Director Easy GIF Animator 5 pro
Format animasi berdasarkan software yang digunakan
2 Dimensi 3 Dimensi
.Fla File.max
.Swf File.c3d
9.
Jaringan Multimedia
penggunaan
komputer yang saling terhubung untuk mengkombinasikan atau menampilkan teks,
grafik, audio,video dan animasi dengan menggunakan link dan tools yang
memungkinkan pengguna untuk melakukan navigasi, interaksi dan komunikasi
Ruang
Lingkup Multimedia
• Teks
Teks
dapat dikombinasikan dengan media lain untuk menyajikan informasi dan
mengekspresikan perasaan sehingga dapat lebih bermakna
• Grafik
Sebagai
ilustrasi untuk menjelaskan konsep & Chart untuk ilustrasi dan meringkas
data numerik
• Digital
Audio (AU)
Digital
audio adalah teknologi untuk merekam, menyimpan dan memproduksi suara dengan
meng-encode sinyal audio dalam bentuk digital daripada analog
• Digital
Video
Digital
video merupakan system perekaman digital yang bekerja menggunakan sinyal video
digital daripada sinyal video analog
• Animasi
Animasi
merupakan simulasi gerakan yang
ditunjukan dengan kumpulan gambar atau frame
Streaming
Multimedia
Streaming
multimedia adalah multimedia yang terus menerus secara konstant diterima den di
tampilkan kepada end user selagi diantarkan oleh penyedia layanan
Voice
over Internet Protocol
VoIP
adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara menggunakan jaringan
berbasis IP. Jaringan yang digunakan bisa berupa internet atau intranet
Session
Internet Protocol (SIP)
SIP
merupakan sebuah protocol standart multimedia dimana merupakan produk dari
Internet Engineering Task Force (IETF) dan telah digunakan menjadi suatu
standart penggunaan VoIP
Real
Time Transport Protocol
Real
Time Transport Protocol (RTP)
didefinisikan sebagai standarisasi paket untukmengirimkan audio dan video pada
jaringan IP.
11. Distribusi multimedia
Media Server
• Media Server adalah sebuah peranti
yang menyimpan dan membagikan media (audio, video).
Multimedia
Streaming Server
• Multimedia
Streaming Server adalah sebuah web server atau aplikasi yang terinstal di dalam
sebuah server yang digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara
real-time atau streaming di internet.
Broadcasting
• Suatu penyiaran multimedia baik
berupa video maupun suara yang disiarkan kepada penonton melalui media
elektronik, atau menggunakan spektrum elektromagnetik (gelombang radio) di
berbagai model.
Internet Radio
• Internet Radio adalah audio digital
yang ditransmisikan melalui internet.
Video
on demand
Video
on Demand (VoD) sistem televisi interaktif yang memfasilitasi untuk memilih
sendiri program televisi atau video yang ingin ditonton. End-user dapat mengontrol permintaan
sementara dari konten video yang ditonton (dapat melakukan pause, fastforward,
rewind, dll)
13. Realita Tertambah (Augmented Reality)
Augmented Reality (AR)
Augmented
reality adalah sebuah konsep yang memadukan dunia maya(virtual) dan dunia
nyata dengan cara menanamkan sebuah object di dalam proses pembuatannya.
Ada
beberapa jenis pemakaian marker dalam augmented reality
Ø Memakai
Marker (Marker Based Tracking), yaitu terdapat proses pemakaian
marker didalamnya untuk memunculkan objek 2D atau 3D.
Ø Tanpa
Marker (Markerless), yaitu tidak terdapat pemakaian marker
didalamnya tetapi menggunakan teknik yang mempunyai ruang lingkup lebih luas
daripada metode Marker Based Tracking.
CONTOH
MARKERLESS
• Face
Tracking
• 3D
Object Tracking
•
Motion Tracking
Konsep augmented reality
• Sensory
Augmented
Sensory augmented adalah sesuatu yang berhubungan dengan
aspek mempengaruhi sistem sensorik manusia seperti penglihatan atau
pendengaran.
• Display
Augmented reality berkembang dari statis ke wearable.
Penggunaan konsep dari carthode ray tube (CRT) ke optical see-through
technology (OST) yang berupa penggabungan penglihatan dunia nyata melalui layar
semitransparan dan memproyeksikan beberapa konten virtual pada layar
• Konsep
video see-through technology(VST)
VST adalah sebuah konsep melihat dunia nyata secara tidak
langsung melainkan melalui video yang ada di monitor
Pengertian VR dan AR
Virtual Reality (VR) adalah simulasi buatan komputer atau refleksi dari suatu situasi atau
lingkungan sekitar secara nyata.
Augmented Reality (AR) adalah sebuah konsep yang memadukan dunia maya (virtual) dan dunia nyata
dengan cara menanamkan sebuah object di dalam proses pembuatannya.
Perbedaan AR dan VR
•
Virtual Reality menggantikan kenyataan dengan dunia
semu secara keseluruhan, sedangkan
•
Augmented Reality menambahkan atau melengkapi kenyataan
dengan benda-benda semu.
Komponen AR.
• Input
Device
Input device atau alat input berfungsi sebagai sensor
untuk menerima input dalam dunia nyata. Input device yang biasa digunakan dalam
AR adalah kamera
• Output
Device
Output device atau alat output berfungsi sebagai display
hasil AR. Output device yang biasa dibunakan adalah monitor dan head mounted
display.
• Tracker
Tracker adalah alat pelacak agar benda maya tambahan yang
dihasilkan berjalan secara real-time atau mungkin interaktif walaupun benda
nyata
• Prosesor
Prosesor berfungsi sebagai alat pemroses agar program AR
bisa berjalan. Prosesor disini bisa berupa prosesor pada PC ataupun perangkat
mobile
Perangkat AR
• Perangkat
Keras (Hardware)
Head
Mounted DisplayKamera HP/Tablet/Webcam
• Perangkat
Lunak (Software)
Berikut
contoh-contoh software yang biasa digunakan untuk pengembangan AR :
• ARToolkit
• Argon
• Project
Tango
Untuk bisa membangun aplikasi augmented reality, IDE dan
Game Engine yang bisa kamu gunakan :
• Android
Studio
• Eclipse
• Visual
Studio
14.
DIGITAL CULTURE
Yang di maksud “digital culture” itu adalah sesuatu yang
berbeda. Konsep yang telah disesuaikan dengan sektor lainnya, dan memasukkan
perspektif yang berbeda mengenai dampak teknologi digital dan jaringan dalam
masyarakat. Seharusnya dan idealnya hal semacam ini dibuat oleh Departemen
Kebudayaan untuk mengadakan refleksi bersama yang luas mengenai perspektif
budaya digital Indonesia, dengan mendorong partisipasi dari semua pemangku
kepentingan dalam proses inovatif -konstruksi kolaboratif – kebijakan publik
ke, oleh dan menuju ranah digital. Semakin murahnya perangkat komputer dan telepon
seluler pribadi, dikombinasikan dengan pesatnya perkembangan aplikasi yang
menggunakan perangkat lunak bebas (open source) dan layanan gratis di jaringan,
telah mempromosikan demokratisasi radikal akses ke sarana baru produksi dan
akses ke pengetahuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar